Met Iedul Fitri 1435 H

Met Iedul Fitri 1435 H

Translate

Search This Blog

Loading...

Friday, June 18, 2010

Wisata Kuliner - Aneka Makanan dan Masakan Khas Tatar Sunda

Di Bandung khususnya ada beberapa aneka makanan dan masakan Tradisional yang memang makanan atau masakan ini hanya ada di waktu-waktu tertentu saja, artinya rekan rekan semua tak akan menemukan makanan ini di resto-resto atau di kafe-kafe atau juga diwarung-warung sekalipun yang ada di sekitar Kota Bandung atau pun Jawa Barat, dan kalau pun ada rasanya akan sedikit berbeda serta jumlahnya sangat terbatas sekali, Namun disini akan disertakan juga makanan Sunda yang memang ada diwarung-warung Khas Tatar Sunda, diantara makanan khas itu adalah :

1. Nasi Tumpeng



Nasi Tumpeng ini nasi yang biasanya ada pada saat acara-acara tertentu saja, seperti Syukuran Pernikahan, Syukuran Kelahiran, Syukuran Khitanan atau Syukuran disaat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia, sudah merupakan satu kebudayaan dimana Nasi tumpeng akan dibuat disaat adanya sebuah kegiatan syukuran, lalu nasi tumpeng tersebut dibagikan kepada orang-orang yang hadir pada saat itu.
Sebenarnya Nasi Tumpeng sama dengan Nasi Kuning yang ada disetiap pojok Kota yang berada di Kota Bandung, namun Nasi Tumpeng ini berbentuk kerucut dengan hiasan bermacam-macam lauk pauk disekelilingnya,

2. Nasi Bancakan



Nasi Bancakan hampir sama dengan Nasi Tumpeng yang hanya ada disaat Syukuran-syukuran saja, namun biasanya secara khusus hanya syukuran untuk kelahiran anak, dimana nasi Bancakan ini hanya Nasi Uduk yang berisi Lauk Pauk dibungkus dengan daun Pisang, dan biasanya untuk mendapatkan nasi Bancakan ini, kita harus membuat uang-uangan yang terbuat dari Genteng, namun saat ini hal tersebut sudah sangat jarang dilakukan, bila melihat sejarahnya, hal tersebut dilakukan dengan tujuan bila yang melaksanakan syukuran mendapatkan uang genteng yang banyak, maka diharapkan anak yang lahir akan mendapatkan rizki yang banyak juga.

3. Bugis




Mungkin nama ini sering kita dengar yaitu suatu daerah dinegara kita, namun bugis yang ini adalah salah satu nama makanan yang ada di tatar sunda dan khas nya makanan ini menjadi makanan wajib disaat melaksanakan syukuran Pernikahan, walaupun memang disaat kita mengunjungi suatu pesta pernikahan, khususnya di Kota Bandung sudah sangat jarang sekali kita melihat Makanan Bugis di sediakan ditengah-tengah pesta, karena makanan ini biasanya disediakan hanya untuk keluarga saja, walaupun sebenarnya tidak ada hukum atau pun norma tertentu bahwa makanan ini hanya disediakan untuk keluarga saja, berbeda kalau kita melihat selain di Kota Bandung, maka ditengah-tengah pesta pernikahan pun akan disediakan makanan Bugis ini, seperti di Garut, Tasik, Ciamis, dan Kota-kota di Jawa Barat lainnya.
Bugis ini sebenarnya makanan yang terbuat dari Beras Ketan, baik yang warna putih ataupun yang warna hitam, setelah beras ketan di tumbuk halus lalu didalamnya dimasukan Gula yang telah bercampur dengan kelapa parut, lalu dibungkus dengan Daun Pisang seterusnya di Sepan (Kukus). tunggu hingga mateng jadi dech........ tinggal di makan.

3. Lotek



Makanan Lotek awalnya hanya disediakan disaat para petani ditatar sunda sedang beristirahat, karena makanan yang terbilang sederhana yang hanya terdiri dari Sayur sayuran yang di ulek dengan Kacang yang telah di goreng terus dilembutkan, ditambah bumbu lain plus Garam saja, sehingga terlihat sangat sederhana namun sangat menggoda dikala kita akan melaksanakan Makan siang, biasanya Lotek ada dua jenis Lotek mentah dan Lotek Mateng, Perbedaannya hanya pada sayuran yang telah Dimasak dan masih Mentah (Segar), Biasanya sayuran yang digunakan untuk lotek ini adalah : Kol, Kangkung, Toge, Waluh (Labu Cina), dan Seladah. Dan untuk bumbunya terdiri dari : Kacang Tanah yang sudah digoreng, Bawang Putih, Cikur, Cabe Rawit, Kentang yang sudah direbus.
Untuk pembuatannya sangat sederhana, tumbuk halus bawang putih, cikur dan cabe rawit secukupnya terus Kacang Tanah yang telah di goreng ditumbuk halus disatukan dengan bumbu yang tadi baru setelah itu masukkan kentang dan disatuka dengan ditumbuk halus sehingga bumbu-bumbu dapat bersatu, lalu diberi air secukupnya, biasanya semakin kental bumbu akan terasa semakin enak, setelah bumbu selesai potong-potong halus sayur-sayuran tadi dan dimasukkan kedalam bumbu lalu di ulek. Jadi dech.... enaknya, biasanya disatukan dengan nasi yang masih hangat.

4. Karedok

Sebenarnya Bumbunya sama dengan Lotek namun ditambah Tumbukan Bakar Oncom (tahu khan Oncom...?)plus terasi dikit bagi yang suka itu juga, lalu sayurannya yang diganti dengan Kacang Panjang, terong yang bulet itu tuch, plus Toge atau bisa juga ditambah Kol, namun biasanya Karedok ini identik dengan Kacang Panjangnya.

5. Rujak




Nah Makanan ini sudah mendunia kayaknya sich. makanan ini enaknya kalo dimakan saat cuaca panas,... wuiiih,... rasanya ketubuh itu seperti menyengat apa lagi kalau pedasnya cukup menggigit, Bumbumnya terdiri dari Gula Merah yang dihaluskan ditumbuk dengan Asam jawa Plus Kacang Tanah yang digoreng, semua bumbu di tumbuk menjadi halus lalu dimasukkan buah buahan, bebas sich buah-buahannya namun biasanya yang cocok itu seperti buah Pepaya, Mangga, Nanas, Bengkuang, Ubi jalar mentah, Jambu air dan kedongdong. bila melihat komposisinya seger khan bila dimakan siang-siang...

6. Dodol




Kalo Makanan ini Khas dari Daerah Garut, sekarang banyak macamnya mulai dari dodok kacang Hijau, Kacang Merah, Dodol Nanas, Dodol Nangka, Dodol Pandan, dll. melalui inovasi orang-orang garut maka dibuatlah dodol dari berbagai jenis buah-buahan, selamat mencoba

ini hanya sebagian dari beberapa jenis makanan yang ada ditatar sunda.

my facebook

Google+ Followers

PENGUNJUNG YANG TERCINTA

Artikel, Gambar, Video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber website lain, Dan Hak Cipta Sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika Anda Keberatan, Apabila Ada Artikel, Gambar, ataupun Video yang tidak berkenan bagi anda ataupun merupakan Hak Cipta Anda, Segera KONTAK KAMI agar dapat kami tindak lanjuti secepatnya

Silahkan Kasih Komentar Agar Blog ini Dapat lebih menarik lagi... & Terima Kasih atas Komentarnya.

Popular Posts

Blog seru lainnya.

BANDUNG Paris van Java With Love

Dunia Dalam Berita

Loading...

BERITA KITA

VIDEO

Loading...

MP3 Clips

searchresults

Search Engine